AWAS!! Berhati-hati Jika Anda Membunuh Lipas,Jangan Main Hentam Je..Silap Haribulan Anda Akan Menderita Seperti Dalam Gambar Ini... (7 Gambar)


Apabila melihat lipas ramai yang suka membunuhnya dengan memijaknya atau memukul guna tangan. Tolong pesan perkara ini kepada orang tersayang anda terutama anak anak yang masih dibawah umur yang suka membunuh lipas dengan cara memijaknya.

Karena di dalam perut lipas terdapat cacing halus/lembut yangg tetap hidup sekalipun induknya mati ,cacing ini tidak nampak dengan mata kasar kecuali dengan jarak dekat,Bila cacing ini sudah berada di luar dari tubuh lipas (perut) dia akan bergerak untuk mencari tempat/indukan baru.

Cacing ini bentuknya sangat pendek, halus dan lembut akan terlihat kasat mata bila jarak pandang sekitar 10-20cm.Untuk melihat cacing ini, anda dapat menaruh isi perut lipas diatas kertas hitam atau diatas cermin... disitu akan terlihat pergerakannya.

Sangat berbahaya apabila cacing ini sampai menyentuh kulit tubuh kita (terutama kaki kanak-kanak yang masih mempunyai kulit lebut) bahkan ada yang sampai kemata,karena dapat masuk melalui pori-pori kulit atau
bila ada luka terbuka pada kulit luar.

Antara akibat yang bakal anda hadapi bila membunuh lipas.

kaki kanak-kanak menjadi induk baru cacing lipas yang masuk melalui pori pori kulit membiak di mata kanak kanak dan orang dewasa


Lebih baik membunuh lipas dengan menggunakan ubat sembur anti serangga, yg dapat membunuh lipas tanpa harus memukul hingga mengeluarkan isi perutnya.